Cara Cerdas Belajar Fisika

Belajar Fisika Gak Perlu Kerja Keras

Dengan memahami konsep secara baik, kita dapat menjelaskan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan ilmu fisika.

Dengan memahami konsep secara baik dan benar, rumus-rumus yang sulit dengan sendirinya akan terpahami dengan mudah. Dan, kalian harus mampu membuktikannya dengan tantangan beragam teori dan rumus fisika yang sedang dipelajari.

Semakin teman-teman memiliki keteguhan untuk menerima tantangan kesulitan teori fisika yang dianggap menjemukan, berarti kalian akan semakin kuat dan kecerdasan teman-teman semakin optimal dalam memahami pelajaran fisika.

Jujur Saja Kalau Memang Malas

Ada juga guru yang untuk menutupi kemalasannya dan ketidakmampuannya menguasai materi memberikan tugas kepada siswa untuk merangkum materi pelajaran, atau membuat makalah dengan topik materi pelajaran yang akan diajarkan.

Malas penghalang belajar
Malas belajar

Dengan siswa telah membuat rangkuman atau makalah guru menganggap siswa sudah mempelajari materi tersebut dan menganggap siswa sudah mampu menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan materi tersebut.

Peran Besar Guru

Kita harus berani mengakui bahwa guru berperan besar dalam menjadikan pelajaran fisika sulit dan tidak menarik daya tarik siswa untuk mempelajarinya. Fakta ini didukung oleh pendapat banyak siswa sekolah yang pernah penulis temui.

Sekarang, coba kita tengok buku pelajaran fisika yang dipakai oleh anak SMA sebagai sarana memahami pelajaran fisika.

Penuh dengan rangkaian peristiwa abstrak dan sering membuat pusing. Yakinlah, jika kita telah mengerti konsep dengan baik dan benar, serta paham dengan penurunan dan aplikasi rumus itu, insya Allah pelajaran fisika adalah sesuatu yang selalu kita rindukan setiap hari.

Dalam penelitian, saya sebut teori naif. Penjelasan fenomena alam yang dihasilkan seringkali tidak cocok dengan penjelasan ilmiah,. Hal ini didasari pengetahuan yang didapat siswa sejak di bangku sekolah, dengan karakter guru dalam proses pembelajaran.

Gunakan Cara Yang Gak Biasa

Fisika menjadi ilmu terpisah ketika orang awal Eropa modern menggunakan metode percobaan dan kuantitatif untuk menemukan apa yang disebut sebagai hukum fisika.

Jangan Kayak Ceramah

Dalam menggunakan metode ceramah, seolah-olah guru adalah narasumber yang serba bisa dan murid hanyalah seperti gelas kosong yang diisi begitu saja . Padahal, untuk saat ini sudah saatnya siswa harus terlibat dalam proses pembelajaran.

Mekanika klasik tidak dapat menjelaskan gerak benda dengan kecepatan tinggi dan untuk benda-benda dengan kecepatan tinggi dipelajari di bagian Relativitas.

Relativitas mempelajari gerak benda untuk semua besar kecepatan termasuk benda dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Sir Isaac Newton, salah satu ilmuwan fisika klasik, menetapkan hukum tersebut lebih dari 330 tahun yang lalu setelah pengamatan panjang terhadap pergerakan materi dan gaya yang bekerja padanya.

Belajar Memahami Rumus Bukan Memakainya

Kesulitan lainnya yang sering dihadapi saat menyelesaikan soal Fisika adalah menentukan rumus yang dipakai. Untuk menggunakan rumus yang tepat, kamu harus pahami dulu konsepnya. Ini beberapa tipsnya:

  1. Lihat variabelnya apa aja.
  2. Amati pengaruh dari setiap variabel.
  3. Pahami jangan diingat.

Teori kuantum dan teori relativitas digunakan pada semua bidang fisika modern. Fisika modern berawal pada awal abad ke-20 ketika Max Planck melakukan penelitian pada teori kuantum dan Albert Einstein melakukan penelitian mengenai teori relativitas. Kedua teori ini muncul akibat ketidak-akuratan mekanika klasik pada kondisi tertentu.

Mekanika klasik memprediksi bahwa laju cahaya beragam, tidak sesuai dengan laju konstan yang diperkirakan oleh persamaan Maxwell mengenai elektromagnetisme.

Contohnya, atom dan fisika nuklir mempelajari materi pada skala kecil di mana elemen kimia dapat diidentifikasi. Pada skala ini, notasi biasa untuk ruang, waktu, materi, dan energi tidak valid lagi. Bagi anak yang duduk di bangku SMP dan SMA, ada dua mata pelajaran selain matematika yang menakutkan.

Dikatakan menakutkan karena untuk memperoleh nilai di atas rata-rata untuk kedua mata pelajaran itu butuh tantangan dan perjuangan. Tak jarang, guru kedua mata pelajaran itu umumnya rada-rada ’galak’.

Banyak yang dibuat dan diingat berdasarkan asumsi pribadi, dan tidak sejalan dengan ilmu fisika yang ada.

Jadi gini, aku itu orangnya fleksibel banget dalam belajar, jadi kalo disodorin suatu materi atau hal baru gitu, ya aku langsung tertarik aja gitu, dan biasanya gak butuh waktu lama buat nguasain hal baru tersebut. Waktu gue SMA, gue nggak ngerasa Fisika Listrik itu susah malah.

Jadi, sebaiknya jangan langsung diabaikan gitu aja bab Fisika Listrik. Tapi gue setuju sih kalau mempersiapkan Fisika untuk SBMPTN itu nggak harus dikuasai 100% materinya.

Belajar Multidisiplin, Jangan Itu-Itu Aja!

Siswa juga harus belajar matematika, biologi, kimia, agama, ekonomi, sejarah, dan lain-lain. Jadi, sangat tidak bijak apabila siswa dipaksakan untuk memahami semua materi yang ada di kurikulum. Fisika atomik, molekul, dan optik mempelajari interaksi materi-materi dan materi-cahaya pada skala atom dan molekul tunggal.

Kaitkan Dengan Ilmu Lainnya

Tiga bidang ini dikelompokkan menjadi satu karena antarhubungannya, kemiripan metode yang digunakan, dan skala energi yang relevan. Ketiga bidang ini tercakup di fisika klasik, semi-klasik, dan kuantum; dapat diperlakukan dari sudut pandang mikroskopik.

Akibatnya, tidak cukup waktu yang tersedia untuk menyelesaikan seluruh materi yang ada dalam kurikulum. Buatlah buku saku khusus rumus yang bisa masuk di kantongmu dan dibawa pergi ke mana pun.

Tulislah rumus-rumus dan konsepnya dengan catatan yang menarik. Kalau kamu menyimak materi dari guru dan benar-benar tidak paham, gurumu pasti akan dengan senang hati untuk kembali menjelaskan.

Ia menambahkan, percobaan Fisika Asyik merupakan percobaan-percobaan sederhana yang berkaitan dengan fisika. Alat dan bahan yang digunakan sangat terjangkau dan mudah untuk ditemukan, seperti sendok, jarum pentul, dan korek api.

Mintalah teman sebayamu berperan sebagai asisten guru untuk menjelaskan kembali/meringkas materi yang telah diajarkan. Buatlah trik mengingat khusus agar kamu mudah menghapal rumus.

Mulailah Latihan

Kerjakan soal-soal latihan secara bertahap dari yang biasa hingga ke yang kompleks, dan lakukan terus menerus agar terbiasa menghitung secara matematik. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi potensial benda di atas bukit umumnya diubah menjadi energi kinetik ketika benda mulai bergulir menuruni bukit.

Dikenal di setiap bangsa dan selama berabad-abad, studi tentang dunia fisika, bahkan pada tingkat sub-atomik, harus mengikuti aturan dan standar. Hukum Coulomb, yang menyatakan bahwa benda-benda bermuatan serupa saling tolak menolak dan berlawanan menarik, dan menjelaskan gaya yang diekspresikan dari gaya tarik atau tolakan tersebut.

Untuk memudahkan dalam mencari materi fisika untuk tingkat SMP ini juga dapat dilakukan dengan mengkases daftar materi fisika SMP sebagai berikut.

Jika kita sudah membaca materi yang sedang diterangkan oleh guru sebelumnya di rumah. Yang harus dilakukan pertama kali adalah membuang pikiran bahwa fisika itu sulit. Bukankah fisika itu mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan fenomena di sekitar kehidupan kita?

Nah, karena fisika itu dekat dengan lingkungan, kita pasti bisa belajar fisika. Bidang keilmuan ini mempelajari sifat dan gejala pada benda-benda di alam yang diimplementasikan melalui rumus-rumus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: