Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika

Semakin kuat keyakinan Anda bahwa “fisika itu mudah” maka semangat, respon otak, dan jiwa Anda pun semakin kuat sehingga tidak hanya membuat Anda tidak putus asa tapi juga jadi semakin cepat. Fisika adalah salah satu disiplin akademik paling tua, mungkin yang tertua melalui atronomi yang juga termasuk di dalamnya. Fisika berpotongan dengan banyak disiplin penelitian bidang ilmu lain, seperti biofisika dan kimia kuatum, dan batasan fisiknya didefinisikan dengan jelas.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan pemahaman kita, lebih efektif dengan belajar kelompok di rumah. Dengan cara ini akan memungkinkan kita untuk saling berdiskusi, berbagi dan saling bertanya di dalam kelompok tersebut. Mekanika kuantum merupakan kumpulan dari teori-teori yang menghubungkan perilaku materi pada tingkat submikroskopis hingga pengamatan makroskopik.

Cari Guru Yang Cocok

Ilmu baru dalam fisika terkadang digunakan untuk menjelaskan mekanisme dasar sains lainnya serta membuka jalan bidang penelitian lainnya seperti matematika dan filsafat. Sebagai seorang guru, tentu saja semua perabot perangkat pembelajaran harus sudah siap sebelum masuk ke kelas. Mulai dari awal yaitu persiapan, pelaksanaan pembelajaran, hingga melakukan evaluasi dan rencana tindak lanjut terhadap hasil belajar siswa. Carilah guru privat fisika agar membantumu memahami konsep dasar dan trik mudah hafal rumus. Gurunya saja tidak pernah memberikan pelajaran sama sekali dan lebih suka marah-marah ketimbang mengajar.

Termasuk di dalam Mekanika klasik adalah mempelajari gerak benda-benda langit atau disebut sebagai Celestial Mechanics. Berdasarkan pengalaman penulis sebenarnya banyak cara, metode, dan sarana yang bisa dijadikan bahan dalam mengajarkan materi fisika sehingga dapat menjadi lebih mudah. Seorang guru dapat menganalogikan hukum termodinamika I dengan krupuk yang sedang digoreng. Dari pengalaman siswa tersebut penulis mendapati banyak guru fisika yang tidak punya motivasi dan semangat untuk mengajar pelajaran fisika. Entah karena malas atau kurang menguasai materi pelajaran, sering guru tidak hadir di kelas dan kalaupun hadir tidak memberikan pelajaran sesuai dengan waktu yang tersedia. Mekanika kuantum muncul dipelopori oleh Werner Heisenberg, Erwin Schrödinger dan Paul Dirac.

Ubah Mindset Kita

Jika kita berpikir belajar Fisika itu asyik dan menarik, maka otak kita pun akan mencari alasan mengapa Fisika itu menyenangkan dan mengapa perlu mempelajarinya. Berdasar pikiran yang positif itulah, lahir minat dan semangat baru untuk belajar mencintai Fisika. Ilmu Fisika selalu berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari.

Percayalah, keyakinan adalah sumber kekuatan yang dahsyat dalam diri setiap manusia. Kalimat “fisika itu mudah” harus berusaha ditanamkan dalam pikiran Anda sebelum mulai belajar fisika. Stigma positif terhadap mata pelajaran fisika membuat sugesti yang baik terhadap otak Anda sehingga menimbulkan respon yang kuat dari saraf otak sehingga otak dapat bekerja lebih maksimal.

Listrik dan magnetisme dipelajari sebagai salah satu cabang fisika karena kedekatannya yang mulai diteliti awal abad ke-19; sebuah arus listrik dapat menimbulkan medan magnet, dan perubahan medan magnet menginduksi arus listrik. Elektrostatik mempelajari muatan listrik ketika diam, elektrodinamika dengan muatan bergerak, dan magnetostatik untuk kutub magnet saat diam. Dalam benak mereka, belajar fisika selalu berkaitan dengan rumus yang menakutkan. Di dalam kelas pun, siswa selalu diajarkan rumus yang memusingkan.

Sudah pasti fisika menjadi monster yang menakutkan bagi mereka, bahkan saya sendiri. Ketika mendengar kata fisika tentulah terbayang dalam pikiran kita sekumpulan rumus dan deretan angka-angka yang sulit untuk dipahami, selain itu materi fisika belum dapat diterapkan sepenuhnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengakibatkan terasa beratnya memahami dan menghafal teori-teori dalam fisika. Keindahan fisika sebenarnya terletak pada konsep, yang selama ini sering ditelantarkan.

Fisika neutrino besar merupakan bidang riset eksperimen dan teori yang aktif. Dalam beberapa tahun ke depan, pemercepat partikel akan mulai meneliti skala energi dalam jangkauan TeV, yang di mana para eksperimentalis berharap untuk menemukan bukti untuk Higgs boson dan partikel supersimetri. Tetapi tidak ada alasan untuk tidak menyukai pelajaran Fisika, karena ternyata belajar Fisika itu asyik dan menyenangkan. Berpikirlah positif terhadap fisika, maka akan muncul hasil yang positif.

Kesimpulan

Terakhir, bidang Astrofisika menerapkan hukum fisika untuk menjelaskan fenomena astronomi, berkisar dari matahari dan objek lainnya dalam tata surya ke jagad raya secara keseluruhan. Cendekiawan Islam telah menurunkan fisika Aristotelian dari Yunani dan selama Zaman Kejayaan Islam makin berkembang, menempatkan pengamatan dan pemikiran a priori sebagai fokusnya, mengembangkan bentuk awal dari metode ilmiah. Menurut Asger Aaboe, awal mula dari astronomi dunia Barat dapat ditemukan di Mesopotamia, dan semua usaha Barat dalam ilmu eksak diturunkan dari zaman Babilonia akhir.

Jangan juga lupa untuk menggunakan polpen warna-warni dalam menulisnya. Tujuannya untuk membantu kita mengingat rumus-rumus yang ada. Rumus-rumus fisika memang ribet, banyak dan terlihat menyeramkan. Karena sehebat apapun kalian menghafal, kalian tetap tidak akan pernah bisa mengingat rumus fisika dalam jangka waktu lama dengan metode mnghafal.

Di luar ini, pengamatan yang ada tidak sesuai dengan prediksi yang dilakukan. Max Planck, Erwin Schrödinger, dan fisikawan lain memperkenalkan mekanika kuantum, notasi probabilistik partikel dan interaksinya yang memungkinkan deskripsi akurat pada skala atom dan subatom. Di akhir, teori medan kuantum menggabungkan mekanika kuantum dan relativitas khusus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: